al-quddus assalamualaikum.wr.wb
Kesucian-Nya bersifat mutlak Maha Suci dari Segala Kekurangan, Kata
Quddus memiliki akar kata yang sama dengan kata qadasa yang berarti
"suci". Asma Al-Quddus bermakna "mutlak tidak memiliki kekurangan,
ketidaksempurnaan, kekurangan, maupun kelemahan". Seluruh kesempurnaan
dan kemutlakan yang mungkin ada. Dia melebihinya danDialahpuncaknya.Imam Al-Ghazali bahkan berpendapat, Al-Quddus adalah kemahasucian Allah
dari segala bentuk kesempurnaan yang masih bisa diduga oleh mahluk.
Menurutnya, sungguh tidak patut bila seorang raja dikatakan sekedar
sebagai "Sang bukan-rakyat". Raja adalah raja. Maka, Al-Quddus adalah
mutlak dan ada di atas segala kesempurnaan yang terpahami.
Kata quddus memiliki makna yang berbeda dengan sabbah. Kedua kata ini di
dampingkan dalam QS. Al-Baqarah : 30, "Padahal kami bertasbih dengan
memuji Engkau dan meng-quddus-kan Engkau".
Taqdis adalah menyucikan-Nya dari tidak mutlaknya kesempurnaan,
sedangkan tasbih berasal dari akar kata sa-ba-ha yang berarti 'hanyut'
atau "menjauh". Bertasbih adalah menjauhkan diri dari segala dugaan
terhadap Allah maupun prasangka buruk atas kehendak-Nya, dan membiarkan
diri hanyut dalam kekaguman atas kesempurnaan-Nya maupun hanyut dalam
kehendak-Nya. Ke-quddus-an Allah adalah mutlak, dan Ia sama sekali tidak
membutuhkan pengakuan akan hal itu.
"terima kasih anda sudah melihat blog saya"
"wassalam...wr.wb"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar